Alang-alang merupakan salah satu tanaman yang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang banyak sekali memiliki manfaat. Beberapa daerah mengenal alang-alang sebagai Ilalang ataupun sebagai Padang. Selain alang-alang ternyata akar alang- alang juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri tinggi sekitar 1-2 m alang-alang ini hampir sama dengan padi. Meskipun tumbuh sebagai tanaman parasit yang mengganggu tanaman di sekitarnya tapi pada kenyataannya tanaman langka ni memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tidak hanya alang-alang yang memiliki manfaat untuk kesehatan namun akar alang-alang juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

Hal ini disebabkan karena didalam akar tumbuhan ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai pengobatan dan digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat akar alang-alang untuk kesehatan akan dipaparkan di
bawah ini.

1. Sebagai obat kencing nanah
Khasiat dari akar tumbuhan ini adalah untuk mengobati kencing nanah,  jika anda mengalami kencing nanah bisa jadi kencing nanah merupakan gejala dari suatu penyakit yang serius.  Saat itu terjadi anda tidak perlu panik karena anda dapat mengobatinya menggunakan akar alang-alang.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan menyiapkan 300 gram akar alang-alang lalu potonglah menjadi kecil-kecil,  rebus potongan kecil-kecil dari akar alang-alang tersebut dan campurkan dengan gula batu. Diamkan rebusan dari akar alang-alang hingga dingin selanjutnya konsumsi ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari secara rutin sampai kencing nanah menghilang.

2. Sebagai obat kencing terus menerus
Khasiat dari akar tumbuhan ini lainnya adalah untuk mengobati kencing secara terus menerus menerus atau biasa disebut dengan anyang-anyangan, pada umumnya penyakit kencing secara terus-menerus sangatlah mengganggu aktivitas kita. Mengatasi penyakit kencing terus menerus ini dapat menggunakan akar alang-alang karena kandungan yang ada dalam akar alang-alang dapat membantu sistem ginjal pada tubuh.

3. Sebagai obat hipertensi
Untuk mengobati penyakit hipertensi atau tekanan darang tinggi ini sangatlah banyak, namun tahukah anda bahwa ternyata akar alang-alang dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Cara membuat ramuan dari akar alang-alang untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi sangatlah mudah yaitu dengan menyiapkan akar alang-alang rebus secukupnya dan konsumsi ramuan tersebut secara rutin. Selain mengkonsumsi ramuan ini untuk menghindari tekanan darah tinggi Anda juga dapat melakukan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan-makanan yang terjaga. Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi perlu menghindari beberapa makanan seperti udang, garam dan melinjo yang berlebih.

4. Sebagai obat diare
Akar ilalang memiliki kandungan yang dapat membantu untuk mengatasipenyakit di dalam perut salah satunya adalah untuk mengobati diare. Cara membuatramuan ini adalah dengan menyiapkan beberapa akar ilalang kemudian rebuslah akar ilalang tersebut hingga mendidih, langkah selanjutnya adalah mengkonsumsi rebusan akar ilalang secara rutin dan teratur.

5. Sebagai obat radang hati
Akar alang-alang memang sangat ampuh digunakan untuk mengobati radang salah satunya adalah mengobati radang hati, cara membuat ramuan untuk mengobati radang hati menggunakan akar alang-alang sangatlah mudah. Dengan merebus akar ilalang secukupnya dan mengkonsumsinya secara rutin Anda dapat terhindar dari penyakit radang hati ini.

6. Sebagai obat kencing darah
Akar alang-alang memang sangat ampuh untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kencing, salah satunya adalah ampuh untuk mengatasi masalah kencing darah. Kencing darah ini biasanya disebabkan karena terjadi pendarahan dalam tubuh seseorang. Cara membuat ramuan ini adalah dengan menyiapkan akar alang-alang yang sudah kering lalu rebus akar alang-alang tersebut menggunakan 2 gelas air, selanjutnya tambahkanlah 3 irisan tangkwe, rebuslah ramuan tersebut hingga menyisakan satu gelas air.

Untuk mengatasi kencing darah Anda dapat mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari sampai kencing darah yang anda derita hilang dan benar-benar sembuh.

7. Sebagai obat air seni tak lancar
Air seni tidak lancar memang sangatlah mengganggu namun bagi Anda yang memiliki penyakit ini taj perlu khawatir karena anda dapat mengobatinya menggunakan akar alang-alang.

Cara membuat ramuan untuk mengobati air seni yang tak lancar dari akar alang-alang adalah dengan menyiapkan 30-50 akar alang-alang yang tsudah dijemur hingga kering, lalu rebus akar alang-alang tersebut dengan 2 gelas air hingga menyisakan satu gelas air.

Langkah selanjutnya adalah menyaring ramuan tersebut diamkan hingga dingin lalu minumlah secara rutin sebanyak 2 kali sehari, minumlah ramuan tersebut hingga penyakit Anda terobati.

8. Sebagai obat radang ginjal
Akar ilalang juga ampuh digunakan untuk mengobati radang ginjal, cara membuat ramuan dari akar alang-alang untuk mengobati radang ginjal yaitu dengan menyiapkan 30 gram akar ilalang lalu dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, rebus akar ilalang tersebut dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas air. Kemudian minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur sebanyak 3 kali dalam satu hari.

9. Sebagai obat muntah darah
Akar alang-alang dapat digunakan untuk menyembuhkan muntah darah, menurut beberapa ahli bahwa kandungan dari akar alang-alang sangat ampuh untuk mengatasi gangguan yang ada pada perut salah satunya adalah gangguan yang menyebabkan muntah darah.

Cara membuat ramuan tersebut dengan menyiapkan 30-70 gram akar alang-alang lalu potong kecil-kecil, selanjutnya rebus dengan 3 gelas air sampai kira-kira tersisa satu gelas air saja, minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur hingga muntah darah berkurang atau bahkan sembuh total.

10. Sebagai obat panas dalam
Khasiat akar alang-alang yang lainnya adalah untuk meredakan panas dalam. Anda dapat membuat ramuan untuk meredakan panas dalam dengan cara menyiapkan akar alang-alang secukupnya. Cucilah hingga bersih kemudian keringkan di bawah sinar matahari atau alternatif lain Anda dapat mengeringkannya menggunakan oven. Jika akar alang-alang sudah mengering Anda dapat menghaluskan nya sampai Akar tersebut menjadi bubuk, untuk mengkonsumsinya Anda bisa menambahkan seduhan bubuk dengan madu ataupun gula.

Itulah beberapa khasiat yang akan anda dapatkan dari akar alang-alang, meskipun biasanya alang-alang atau Ilalang sering disingkirkan para petani karena dapat merugikan tanaman yang berada di sekitarnya namun pada kenyataannya alang-alang maupun akarnya memiliki berbagai khasiat yang dapat anda peroleh. Alang-alang mengandung imparanene, asam sitrat, asam malic, glukosa, fernerol, saponin, esin, silidrin, alkali, dll. kandungan tersebut dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk itu biasanya tanaman alang-alang ini digunakan sebagai obat tradisional.