Kita semua tentunya ingin memiliki berat tubuh yang ideal. Tetapi faktanya sebagian dari kita malah memiliki berat badan jauh dari ideal. Ada yang memili badan terlalu kurus, ada pula yang memiliki tubuh terlapau gemuk. Pada bab ini kita akan membahas mengenai kegemukan. Banyak sekali faktor atau kebiasaan hidup yang menyebabkannya.
Pemicu kegemukan salah satunya adalah mengkonsumsi makanan berlemak dalam jumlah yang berlebih. Tetapi bukan itu saja kebiasaan pemicu kegemukan tersebut. Berikut ini adalah tujuh kebiasaan buruk pemicu kegemukan :
  1. Konsumsi makanan kadar lemak rendah tetapi berlebihan. Ini akibat promosi Makanan Bebas Lemak atau Rendah Lemak. Karena slogan itu, tanpa sadar kita mengkonsumsi berlebihan.
  2. Ikut program diet tanpa melibatkan ahli gizi. Ahli gizi dapat memberikan alternatif beberapa makanan yang sangat di perlukan selama melakukan program diet yang kita lakukan.
  3. Minum minuman bersoda dalam jumlah berlebihan.
  4. Makan dengan sangat terburu-buru. Karena dengan makan terburu-buru akan dapat menambahkan 66 kalori dalam tubuh seseorang dibanding dengan makan perlahan-lahan
  5. Suka makan dengan porsi berlebihan tanpa menghiraukan kemampuan perut.
  6. Sedikit minum air putih Minum 6 gelas sehari akan mengurangi 50 kalori dalam tubuh.
  7. Kebiasaan tidur kurang dari 8 jam sehari. Berkurangnya jam tidur malam akan mengakibatkan penimbunan lemak berlebih di tubuh kita.

Demikian kebiasaan-kebiasaan buruk pemicu kegemukan, mudah-mudahan bermanfaat.