Siapa sih yang nggak ingin hidup sehat? Semua pasti ingin hidup dengan nyaman tanpa penyakit dan benar-benar menikmati hidup. Untuk mendapatkan itu, tentunya kita harus menjalani gaya hidup yang sehat pula.

Begitu kita ditawari gaya hidup sehat, biasanya kita langsung berpikir, sulit, berat dan banyak tantangan. Sehingga banyak orang yang mundur sebelum mencobanya.

Padahal tidak selalu hidup sehat itu sulit, yang penting kemauan kita kuat untuk menjalaninya.

Disini akan diceritakan beberapa gaya hidup sehat yang mudah untuk dilakukan, tidak makan waktu, dan bisa jadi kebiasaan yang sangat baik untuk tubuh kita, jika dilakukan sebelum beraktifitas sehari-hari.

Hindari tidur larut malam, dan lakukan minimal 6 jam dalam sehari

Tips ini gampang sekali untuk dilakukan, hanya dengan menghindari tidur larut malam dan meluangkan waktu tidur yang cukup saja.

Bagi yang Muslim dan biasa melakukan ibadah malam, jangan khawatir, biasakan saja tidur sore sehabis Sholat Isya, sehingga dalam 6 jam kita terbangun masih masuk waktu ibadah malam.

Tidur itu bukan hanya sekedar momen beristirahat. Harvard Health Publication menyebutkan bahwa kekurangan waktu tidur memiliki hubungan langsung terhadap risiko terkena penyakit yang mematikan, seperti kanker dan jantung.

Kurang tidur terjaga setara dengan mengonsumsi racun, atau menjalani pola makan yang buruk. Jadi sesibuk apapun kita, usahakan selalu bisa tidur yang cukup.

Tetapi juga, jangan tidur berlebihan, karena ternyata ada studi juga yang menyatakan bahwa tidur berturut-turut lebih dari 8 jam sehari, akan menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

Selain menghindarkan diri terkena penyakit berbahaya, ternyata tidur juga bisa menjadi sarana untuk memperoleh tubuh bugar dan berat badan yang proposional. Tidur dalam porsi yang pas juga membantu meningkatkan ingatan, merangsang kreativitas, hingga menghindarkan diri dari stress.

Ingat lebih baik kita bangun pagi, sehingga kita masih bisa melakukan kegiatan-kegiatan olahraga ringan dipagi hari seperti jalan pagi, berenang dan lain-lain.

Berjemur

Dalam hidup yang sehat, vitamin adalah keharusan. Biasanya vitamin harus didapatkan melalui nutrisi, karena tubuh tidak memproduksinya. Tapi, khusus vitamin D keadannya berbeda. Selain dari makanan, tubuh pun mampu menghasilkan sendiri.

Untuk bisa mendpatkan vitamin D, caranya cukup mudah, yaitu cukup membuat tubuh kita terkena terpaan matahari pagi, caranya bisa dengan berjemur sejenak atau sembari berjalan keliling area rumag yang terbuka.

Kita juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan, seperti ikan berminyak (salmon, sarden, makerel), telur, jamur, hati sapi, ikan cod, ikan tuna, sampai yoghurt.

Vitamin D biasanya hanya dikenal sebagai suplemen untuk kesehatan tulang. Padahal vitamin ini berguna juga untuk mengurangi risiko penyakit autoimun, jantung, stroke, kanker, sampai diabetes.

Jadi, dapatkan terus vitamin D ini agar hidup kita bugar.

Jalan Tanpa Alas Kaki

Bumi memiliki kekuatan penyembuhan yang menakjubkan. Karena bumi memiliki elektron bebas yang tidak akan abis. Kalau kita bersentuhan langsung dengan permukaannya, maka tubuh kita pun akan menerima energi positif yang baik dampaknya untuk kesehatan.

Jadi, mulailah kita biasakan melakukan bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Kita bisa memulai dengan menjalani rutinitas jalan bertelanjang kaki di halaman rumah setiap pagi selama 15-30 menit. Kegiatan ini dilakukan sambil mengikuti tips pertama yaitu menyerap kebaikan matahari pagi.

Konsumsi Fermentasi

Bagian tubuh yang biasanya diabaikan adalah usus. Kesehatannya seringkali diabaikan begitu saja. Padahal, peran usus bagi kebugaran tubuh sangat vital. Di dalam usus banyak sekali bakteri. Bahkan jumlahnya diperkirakan dua kali total sel yang kita miliki. Bakteri-bakteri tersebut terdiri dari dua jenis, yang merugikan dan menguntungkan.

Jumlah bakteri negatif akan dominan dan akan menyebabkan kesehatan usus tidak baik, sehingga kebugaran tubuh pun terganggu. Bayangkan saja, beragam penyakit seperti eczema dan kekurangan kekebalan tubuh berawal dari kondisi usus yang tidak baik.

Jadi mulailah memberi perhatian lebih pada kesehatan usus kita. Caranya gampang, hanya dengan mengkonsumsi asupan hasil fermentasi, seperti teh kombucha, susu rendah lemak hasil fermentasi seperti yoghurt, atau fromage frais yang merupakan keju segar yang lembut dan terbuat dari susu.

Konsumsi asupan fermentasi secara rutin tiap hari akan memicu pertumbuhan bakteri baik pada tubuh. Selain itu juga, asupan fermentasi bisa jadi suplemen probiotik alami yang sangat baik manfaatnya buat tubuh kita. 

Menggosok Gigi dan Minum Air Putih

Kesehatan mulut seringkali diabaikan. Biasanya hal ini baru diperhatikan ketika bau napas tidak sedap atau gigi sedang terasa sakit.

Padahal kesehatan mulut berhubungan erat dengan kebugaran tubuh. Bahkan ada yang bilang bahwa mulut yang tidak bersih bisa jadi salah satu pemicu kehadiran penyakit kanker atau stroke.

Karena mulut merupakan area tempat bakteri mudah berkembang biak, dan kondisinya yang lembab. Selain itu juga, mulut berkaitan langsung dengan usus yang memberikan jalan ke aliran darah pada tubuh.

Jadi kalau bakteri dalam mulut dibiarkan, tentunya bisa berdampak bahaya pada kesehatan tubuh.

Jadi, jagalah kebersihan mulut dengan baik. Lakukan dengan meminum air putih yang banyak supaya produksi air liur terpancing dapat meningkat. Dan juga, gosoklah gigi secara teratur dan rajin-rajinlah berkumur. Kegiatan ini sangat mudah dan tidak makan banyak waktu.

Memang kelihatannya mudah, tetapi untuk mendapatkan kedisplinan ternyata nggak mudah juga. Tetapi, inilah cara paling mudah untuk hidup sehat.

Asuransi Kesehatan FWD

Sebuah asuransi kesehatan keren, yang melindungi sampai usia 100 tahun, selain itu diberikan Medical Check Up GRATIS setiap tahunnya.