Manfaat Lari Pagi sangat banyak, sehingga dengan melakukan ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Dibawah ini diulas apa saja kelebihan dari lari pagi. Setelah membaca tulisan ini, cobalah untuk melakukan olahraga ini secara rutin.

 
2.Jantung Menjadi Sehat
Fungsi jantung adalah memompa aliran darah ke bagian tubuh lain. Sehingga Jantung sangat penting untuk kehidupan kita.Dapat kita bayangkan bila jantung tidak berfungsi normal. Mungkin karena penyumbatan pembuluh darah atau faktor lain. Dengan berlari sejauh 16 km selama satu minggu maka akan itu akan mengurangi resiko gangguan tekanan darah sampai 39% dan dapat mengurangi gangguan kolestrol yang mengendap didalam tubuh sampai 39% dan dapat mengurangi gangguan kolestrol yang mengendap didalam tubuh sampai 34% hal ini telah dibuktikan oleh para teliti. Juga dapat menurunkan resiko obesitas.
 
3.Mencegah Terjadinya Impotensi
Impotensi penyebabnya bisa psikologis atau fisik. Depresi, stress dan kecemasan dapat membuat penyakit ini timbul. Sementara faktor fisik adalah meliputi menyempitnya pembuluh darah dan horman yang kurang seimbang. Dengan berlari pagi metabolisme tubuh akan normal kembali, perasaan stress dan depresi akan berkurang, penyempitan pembuluh darah juga akan berkurang. Penelitian membuktikan jika kita berhasil lari pagi berarti kita akan membakar kalori sebanyak 3000 kalori, dan mengurangi impoten kita hingga 83%.
 
4.Dapat Menguatkan Tulang
Menurut peneliti dari Universitas Missouri dimana para pesepeda yang kepadatan tulangnya kurang baik mencapai 63% jika dibandingkan dengan para pelari yang hanya mengalami 19%. Tetapi bukan berarti para pesepeda harus berganti menjadi pelari, tetapi yang harus dilakukan adalah menambah olahraga lari disela-sela waktu bersepeda.
 
5.Mencegah Terjadinya Dimensia (Pikun)
Pikun dapat dicegah dengan melakukan lari pagi. Ini dibuktikan oleh jurnal yang berasal dari American Geriantrics Society dimana para wanita yang selalu melakukan lari pagi dimulai pada saat remaja dapat menekan resiko mengalami kepikunan ketika memasuki usia lanjut. Pembuktian lain diberikan dari studi yang telah dilakukan pada tahun 2012 dimana dengan lari pagi akan memberikan manfaat dalam meningkatkan fungsi otak ataupun hal-hal yang berkaitan dengan konsentrasi serta daya ingat. Itu sebabnya pada seseorang yang sudah menginjak usia separuh baya, mereka tidak dianjurkan untuk berdiam diri saja walau sedang mengalami berbagai penyakit.
 
6.Mempunyai Tidur yang lebih berkualitas
Para peneliti telah membuktikannya kepada para penderita insomnia sebagai objeknya untuk lebih rutin melakukan lari pagi. Dan hasilnya mereka dapat tidur lebih cepat 17 menit. Selain itu para penderita tersebut juga mengaku jika tidur mereka jauh lebih nyenyak dibandingkan sebelumnya ketika mereka lebih rutin melakukan lari pagi. Sebagai tips tambahan, anda dapat meminum susu hangat 1 jam sebelum tidur. Selain itu mandi air hangat 2 jam sebelum tidur dan bisa menggunakan aroma ruangan seperti lavender.


7.Membakar Kalori Lebih Mudah
Setiap wanita yang sedang menjalankan diet pasti sering membicarakan seputar kalori. Kita harus menghitung asuupan kalori pada tubuh dan disesuaikan dengan kegiatan kita sehari-hari. Pria dewasa membutuhkan asupan kalori sekitar 2000 per harinya, namun kebutuhan kalori berkurang seiring bertambahnya usia. Kalori adalah energi, jadi kalori kalau tidak terbakar maka akan menumpuk dan menjadi timbunan lemak. Dan kalau dibiarkan akan menjadi obesitas. Tetapi jangan khawatir, karena lari pagi 2x lipat lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibanding diet.

8.Lebih Tahan terhadap sakit
Studi yang telah dilakukan oleh pakar di Swedia telah membuktikan jika pelari yang sering berlari secara rutin akan lebih mudah terhindar dari sakit flu sebesar 18% jika dibandingkan oleh mereka yang jarang melakukan laripagi. Hal ini masih berhubungan dengan metabolisme tubuh, bagaimanapun lari pagi adalah salah satu olahraga, hanya saja dilakukan dipagi hari saat kondisi udara masih segar. Inilah yang menyebabkan orang yang rutin lari pagi tidak gampang terkena penyakit.
 
9.Membuat Pernafasan Menjadi Lebih Baik
Oksigen yang dihisap pada pagi hari masuk kedalam paru-paru dan menghisap oksigen lebih banyak. Mungkin apabila baru pertamakali lari pagi, pernafasan kita akan tersengal-sengal, tetapi jangan berhenti begitu saja, karena itu hanyalah sebuah proses saja. Lari pagi juga bermanfaat bagi penderita penyakit asma. Penelitian telah membuktikan dengan melibatkan para penderita penyakit asma untuk berlari pagi. Dan hasilnya asma mereka menjadi jarang kambuh, membuat pernafasan menjadi lebih lega dan membuat hidup mereka lebih sehat. ini adalah salah satu manfaat lari pagi yang sangat signifikan.
 
10.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Daya tahan tubuh berhubungan dengan sistem metabolisme serta sel-sel pelindung didalam tubuh salah satunya sel imun. Fungsi sel imun membuat tubuh anda mampu menangkal semua virus yang menyerang tubuh anda. Dan sel-sel imun akan menjadi lebih kuat ketika lari pagi. Selain itu, faktor lain juga harus dijaga salah satunya asupan makanan, siapa yang ingin sakit di usia dini? Namun tidak sedikit orang yang melupakan asupan nutrisinya. Walau tidak merasakan kekurangan nutrisi, pada umur 30 tahun ke atas, tubuh anda akan mulai merasakan berbagai penyakit. Mulai dari sekarang, minimalisir semua penyakit tersebut!
 
Manfaat lari pagi sangatlah banyak, mungkin kalau kita teliti lebih jauh lagi akan kita dapati lebih banyak lagi.