Tidak banyak orang yang tahu tentang jenis tanaman herbal ini. Daun dewa merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan dan juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Tanaman yang memiliki nama latin Gynura Divaricata ini bisa tumbuh pada ketinggia 200 hingga 800 meter di atas permukaan laut.

Daun dewa memiliki beberapa kandungan di dalamnya seperti Vitamin, Minyak atsiri, polifenol, flavonoid, saponin, tanin, sterol, alkaloid, dan asam p-kumarat. Selain itu, daun dewa ini memiliki beberapa sifat seperti anti inflamasi yang berfugsi untuk megurangi peradangan, sitostatik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, anti kolestrol yang berfungsi untuk mengontrol kolestrol dalam darah, anti tonic yang berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh, serta anti bakteri yang berfungsi untuk mecegah dan membunuh perkembangbiakan bakteri.

Jika melihat dari beberapa kandungan dan sifat dari daun dewa tersebut, tentunya kita mengetahui sedikitnya tentang apa saja manfaat dan khasiat daun dewa tersebut untuk kesehatan tubuh, yang disertai dengan cara mengolah daun dewa untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan Tubuh

1. Bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker
Manfaat daun dewa untuk dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam hal ini memang anti sitostasik yang terkandung pada daun dewa yang sangat ampuh dapat mecegah penyakit yang mematikan ini. Adapun senyawa akttif seperti seskuiterpen, monoterpen, dan flavonoid yang berperan penting untuk meghambat perkembangan sel kanker atau tumor.

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan daun dewa sebagai obat herbal ini yaitu. Pertama, siapkan beberapa lembar daun dewa segar, kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas, biarkan sampai tersisa 1,5 – 2 gelas. Lalu saring rebusan tersebut, minum setelah dingin. Konsumsilah ramuan ini secara rutin dan teratur 2 kali dalam satu hari.

2. Bermanfaat untuk mengobati tekanan darah
Manfaat daun dewa untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan obesitas. Maka dari itu, cegahlah dari sini jika tidak ingin penyakit ini menyerangmu. Salah satu solusinya yaitu dengan berolahraga secara rutin dan teratur serta mengkonsumsi ramuan herbal ini yaitu daun dewa dengan cara di rebus seperti caranya yang telah di jelaskan sebelumnya.

3. Bermanfaat untuk megobati stroke

Stroke ini merupakan gangguan kesehatan yang di sebabkan karena jaringan otak yang tersumbat dari pembuluh darah arteri untuk mengalirkan darah ke otak. Masalah kesehatan ini harus di atasi dengan cepat dengan pertolongan medis atau dengan cara melakukan pengobatan alternatif menggunakan daun dewa yang bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi gangguan stroke.

4. Bermanfaat untuk mengobati rematik
Rematik merupakan gangguan kesehatan pada bagian tulang persendian. yaitu dapat mengobati rematik, anda bisa memanfaatkan daun dewa ini sebagai obat herbal dengan cara di rebus seperti yang telah di jelaskan sebelumnya.

Baca juga : Mengatasi Biaya Rumah Sakit Mahal Dengan  FWD Sprint Health

5. Bermanfaat untuk mengobati diabetes
Diabetes disebabkan karena kadar gula darah terlalu tinggi. Tentunya harus ada penangan dari medis yang baik untuk segera mengatasi segala resiko yang bisa terjadi pada  kesehatan tubuh kita. Daun dewa yang mengandung sifat hipoglikemin diperaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah tersebut. Anda bisa mengkonsumsi ramuan daun dewa tersebut yang telah di olah sebelumnya.

Penyakit jantung ini di sebabkan karena berhentinya aliran darah pada jantung, meskihanya sesaat sehingga terjadi serangan jantung. Adapun penyebab lainnya karena resiko sering mengkonsumsi alkohol, obesitas, merokok, kurang olah raga, serta kurang istirahat. Dengan mengkonsumsi ramuan herbal dari daun dewa ini dapat menurunkan resiko penyakit mematikan tersebut.

7. Bermanfaat untuk mengobati hipertensi
Hiperrtensi atau biasa di kenal dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang cukup kronis yang di sebabkan karena tekanan darah dalam alteri yang meningkat.

Namun, tahukah anda jika daun dewa ini mengandung sifat anti hipertensi dan tentunya dapat mengobati penyakit tersebut. Untuk caranya sendiri anda bisa merebus daun tersebut, kemudian di konsumsi secara rutin dan teratur.

8. Bermanfaat juga mengobati pembengkakan payudara atau pendarahan
Bila anda merasakan nyeri pada bagian payudara. Dalam hal ini tentunya di sebabkan karena beberapa faktor seperti menstruasi, menyusui, kehamilan,menopause, serta di sebabkan karena pemakaian alat kontrasepsi.

9. Bermanfaat untuk mengobati luka
Luka pada kulit seperti memar atau sebagainya dapat di sembuhkan dengan menggunakan tumbukan daun dewa. Caranya yaitu dengan menumbuk daun dewa yang di campurkan dengan gula merah secukupnya, kemudian tempelkan tumbukan tersebut pada bagian kulit yang terdapat luka dengan kain bersih, biarkan sampai beberapa jam.

10. Bermanfaat untuk mengobati gigitan binatang buas
Bermanfaat juga untuk mengobati luka akibat gigitan ular atau hewan buas. Caranya cukup mudah sekali, yaitu tumbuk daun dewa kemudian tempelkan pada bagian luka, lalu perban dengan kain.

11. Bermanfaat untuk mengobati kutil
Sejenis tumor jinak yang ada pada bagian kulit luar yang di sebabkan karena penebalan lapisan kulit secara berlebihan. Cara untuk memanfaatkan daun dewa sebagi obat ini yaitu dengan di tumbuk beberapa lembar daun dewa, lalu tempelkan pada bagian kulit yang terdapat kutil dengan di perbankan.

12. Bermanfaat untuk mengobati batuk yang di sertai muntahan darah
Jika batuk tersebut di sertai dengan muntahan darah, tentunya harus kita waspadai dengan serius. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu memeriksa kedokter untuk mencari tahu pada gangguan tersebut. Namun selain di atasi dengan penangan medis, anda bisa memanfaatkan daun dewa sebagai obat batuk alami untuk mengobati masalah tersebut.

Konsumsilah ramuan herbal dari daun dewa ini secara rutin dan teratur.

13. Bermanfaat untuk mengatasi kejang-kejang pada anak
Daun dewa untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mengobati kejang-kejang saat demam tinggi pada anak-anak. sebagai pertolongan pertama, yaitu rebus daun dewa yang bersih dan segar dengan air 2 gelas sampai tersisa 1 gelas, setelahh itu konsumsi dengan rutin dan teratur.

Demikian manfaat daun dewa untuk kesehatan tubuh yang disertai dengan keterangan dalam cara penggunaannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk anda yang membutuhkannya.