Daun saga dikenali dengan ciri-ciri daunnya yang kecil bulat dan tumbuh banyak di tangkai tanamannya. Ciri khas lainnya dari tanaman ini yaitu bijinya yang berwarna merah dan berukuran kecil. Warna merah inilah yang menjadi perhatian tersendiri dari jenis tanaman perdu ini. Bagian saga yang sudah populer sebagai obat herbal yaitu bagian daunnya. Beberapa penyakit sederhana mulai dari sariawan sampai penyakit dalam bisa diatasi dengan daun ini.

Daun saga jika dikonsumsi rasanya tidak pahit, namun manis. Walaupun daunnya kecil, namun manfaatnya untuk kesehatan Anda tidak bisa diremehkan. Daun saga mengandung nutrisi seperti flisirizinat, pentosan, vitamin B1, glisirizin, vitamin C, piridoxsin, vitamin A, kalsium oksalat, dan juga protein. Semua gabungan nutrisi tersebut ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Tubuh Anda pun akan semakin sehat jika menggunakan daun ini sebagai ramuan herbal.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun saga, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Mengatasi penyakit bronchitis
Khasiat daun saga yang pertama yaitu sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi penyakit bronchitis. Anda bisa menggunakan daun ini untuk membantu tubuh agar kuat dalam melawan penyakit pernapasan ini.

2. Obat amandel
Khasiat daun saga yang tak kalah pentingnya yaitu untuk mengobati amandel. Penyakit ini biasanya membuat amandel Anda meradang dan juga bengkak, sehingga mengganggu saluran tenggorokan. Untuk mengatasinya, mencoba manfaat daun ini tidak
ada salahnya.

3. Anti hipertensi
Khasiat daun saga untuk menjaga tekanan darah tinggi, sehingga mampu mengatasi hipertensi agar tidak kambuh atau pun muncul. Daun ini berguna untuk menjaga keseimbangan tekanan darah Anda sehingga tidak menjadi terlalu tinggi.

4. Mengatasi radang pada mata
Khasiat daun saga selain yang sudah disebutkan di atas, daun hijau ini juga baik untuk mata terutama pada penyakit mata yang menyebabkannya bengkak dan meradang.

Jika Anda sedang mengalami peradangan mata, cobalah untuk menggunakan daun hijau
ini sebagai obat.

5. Obat batuk tanpa dahak
Khasiat daun saga yang selanjutnya adalah pereda batuk tanpa dahak. Bagi Anda yang sering mengalami batuk tidak berdahak bisa mengobatinya dengan daun ini yang ampuh untuk melegakan tenggorokan dari dalam.

6. Mengatasi sariawan
Daun saga adalah jenis daun yang aman untuk rongga mulut, terutama fungsinya dalam mengatasi penyakit infeksi pada mulit seperti sariawan. Manfaat daun yang satu ini akan menjaga kesehatan mulut Anda, baik itu bibir, gusi, serta gigi.

7. Pereda panas dalam

Manfaat daun saga yang sudah lama digunakan sebagia daun herbal yaitu dapat meredakan panas dalam. Daun ini biasanya diseduh kemudian diminum air seduhannya dalam sekali teguk untuk mengobati panas dalam.

8. Menyehatkan jantung
Khasiat daun saga yang sangat penting adalah menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan senyawa di dalam daun ini akan masuk ke dalam jantung dan memberikan asupan gizi yang baik untuk kesehatannya.

9. Anti oksidan
Daun saga mengandung vitamin C dan mineral lainnya yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Itulah kenapa jika daun ini dikategorikan sebagai salah satu daun dengan fungsi anti oksidan yang ampuh.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daun saga juga berpengaruh besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat daun ini mampu menambah kekuatan tubuh untuk bertahan dari beberapa serangan penyakit, terutama penyakit yang mudah menular.

Selain 10 manfaat dan khasiat daun saga untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Daun Saga Lainnya:

  1. Melembutkan kulit wajah
  2. Mencegah penuaan dini
  3. Membuat awet muda
  4. Baik untuk diet
  5. Menyehatkan paru-paru